MEMILIH TEMPAT
USAHA FAST FOOD
AlasanAja.Com kali ini akan mengulas tentang pemilihan
tempat usaha fast food, bagi anda-anda yang sudah memiliki rencana, bahkan
terjun payung, atau gulung tikar diusaha ini.. waduh.. sebaiknya ikuti aja
alasan kali ini:
1. MAL
Alasan memilih mal adalah: mal biasanya
dijadikan tempat berkumpul, di mal orang sering jalan-jalan, di mal orang lebih cenderung memilih makanan
yang praktis.
Namun sebelum anda terjun langsung, cermati
dulu segmentasi mal tersebut, setelah itu sesuaikan, dan perlahan pasti pasti
bikin terus iklan pengundang orang agar mengunjungi counter anda.
2.
SWALAYAN
Alasan memilih swalayan adalah: swalayan
tersebar dimana saja sehingga anda bisa membuka banyak cabang, swalayan
biasanya terletak di titik-titik keramaian, pengunjung yang datang adalah
pembelanja praktis sehingga makanan siap saji biasanya jadi pilihan untuk
makanan take a way.
Tips untuk bekerja sama dengan swalayan
diantaranya: investigasi pengunjung yang datang, jam berapa paling banyak
pengunjung, daya beli pengunjung, cek alat-alat yang disediakan swalayan untuk
penyewaan.
3.
KANTIN SEKOLAH DAN
KAMPUS
Alasan memilih kantin sekolah dan kampus: pelajar
dan mahasiswa biasanya tidak memiliki waktu banyak untuk istirahat sehingga
fast food sangat diperlukan, pelajar dan mahasiswa adalah target empuk untuk
konsumen dengan menu yang baru.
Strategi untuk berjualan fast food ditempat
ini adalah: sesuaikan counter dengan skala kantin sekolah dan kampus.
4.
ALUN-ALUN DAN PUSAT
KERAMAIAN
Alasan memilih alun-alun dan pusat
keramaian: tempat-tempat ini adalah tempat berkumpulnya warga untuk
bercengkrama, olah raga, atau jalan-jalan. Keadaan ramai lokasi ini pada pagi
hari, malam hari, dan hari-hari libur.
Kiat-kiat sebelum membuka usaha ditempat
ini: sesuaikan tipe makanan karena pengunjung tempat ini memerlukan makanan
yang bisa dibawa sambil jalan-jalan, amati pusat keramaian pengunjung mulai
dari titik lokasi, waktu ramainya pengunjung, tipe pengunjung, daya beli
pengunjung.
5.
PASAR TRADISIONAL
Alasan memilih pasar tradisional: pasar
tradisional memiliki pengunjung yang luar biasa.
Strategi membuka usaha ditempat ini adalah:
bikin counter dengan desain mencolok, pilih tempat yang strategis, amati
pengunjung pasar, lihat tipe pengunjung.
6.
PASAR MODERN
Alasan memilih pasar modern: karakter
pengunjung pasar modern itu ada yang datang karena kebutuhan dan ingin
benar-benar membeli barang yang dibutuhkan, dan ada juga yang hanya sekedar
jalan-jalan. Pengunjung untuk pasar ini prospeknya bagus sehingga tak jarang
penjual fast food di tempat ini ada yang menyewa gerai berskala besar, namun
bagi yang koceknya kecil bisa bekerjasama di tempat fresh food.
7.
FOOD COURT
Alasan memilih food court: tempat
berkumpulnya pengunjung untuk membeli makanan, food court khusus dibangun untuk
tempat berjualan makanan, keunggulan tempat ini adalah penjual tidak perlu
repot untuk mencari calon pembeli karena ditempat ini khusus orang berdatangan
untuk membeli makanan.
8.
TEPI JALAN RAYA YANG
RAMAI
Alasan memilih tepi jalan raya yang ramai:
pejalan kaki biasanya ada yang dalam kondisi kelelahan, ada juga juga yang
berjalan santai, ada juga yang terburu-buru hendak pergi ketempat yang ingin
dituju.
Tapi semua aktivitas itu, tidak menutup
kemungkinan berpeluang banyaknya calon konsumen yang ingin membeli makanan siap
saji.
Tips agar aman berjualan di tempat ini
adalah: lapor pada petugas untuk mendirikan usaha di tepi jalan tersebut, buka
lapak ditempat yang ramai orang berjualan lainnya, bikin stand dengan warna
mencolok.
9.
PERUMAHAN
Alasan memilih perumahan: jika perumahan
tersebut ramai, perumahan adalah tempat beristirahat dan posisi berdekatan
sehingga anda bisa menyajikan layanan siap antar, target bagus untuk mencari
konsumen.
Tips berjualan fast food di perumahan:
iklankan usaha anda melalui brosur tulisan dengan promosi usaha dan alamat
anda. Siapkan layanan siap antar.
10. PERTOKOAN
Alasan memilih pertokoan: ditempat ini
banyak orang yang bertujuan untuk berkunjung dan belanja kebutuhannya.
Tips berjualan ditempat ini: amati potensi
pengunjung pertokoan, jam-jam ramai pengunjung, dan pilih lokasi yang
berdekatan dengan toko yang banyak didatangi pengunjung.
11. KAWASAN INDUSTRI
Alasan memilih kawasan Industri: ditempat
ini banyak pegawai yang tidak sempat menyiapkan saran pagi, membutuhkan makan
siang, sampai makan malam yang bisa dibawa pulang. Pegawai tidak banyak
memiliki waktu luang banyak sehingga yang memerlukan fast food.
Jika anda memilih lokasi ini: survey titik
aman untuk buka kios, bekerjasama dengan pihak pabrik untuk izin berjualan,
beri warna elegan untuk kios anda.
12. AREA RUMAH SAKIT
Alasan memilih area rumah sakit: disini
area pengunjung yang complicated, kenapa bisa begitu? Alasannya adalah tipikal
pengunjung tempat ini banyak yang dalam kondisi resah, penat, gelisah, khawatir,
bosen, namun ada juga yang bahagia.
Tips berjualan ditempat ini: sesuaikan
makanan yang akan dijual dengan tipikal pengunjung, jaga kebersihan makanan.
13. PENGISIAN BAHAN BAKAR
Alasan memilih pengisian bahan bakar: sedang
ngetren banget, pengunjung datang untuk mengisi bensin dan beristirahat, perlu
stamina untuk fokus.
Tips membuka usaha ditempat ini: sediakan
tempat yang lumayan luas dan nyaman, sajikan makanan sesuai keperluan
pengunjung, berikan promo untuk tanda pengenal produk.
No comments:
Post a Comment