Wednesday, December 12, 2012

FAST FOOD


MEMILIH TEMPAT USAHA FAST FOOD
AlasanAja.Com kali ini akan mengulas tentang pemilihan tempat usaha fast food, bagi anda-anda yang sudah memiliki rencana, bahkan terjun payung, atau gulung tikar diusaha ini.. waduh.. sebaiknya ikuti aja alasan kali ini:
1.      MAL

Alasan memilih mal adalah: mal biasanya dijadikan tempat berkumpul, di mal orang sering jalan-jalan,  di mal orang lebih cenderung memilih makanan yang praktis.
Namun sebelum anda terjun langsung, cermati dulu segmentasi mal tersebut, setelah itu sesuaikan, dan perlahan pasti pasti bikin terus iklan pengundang orang agar mengunjungi counter anda.

2.      SWALAYAN

Alasan memilih swalayan adalah: swalayan tersebar dimana saja sehingga anda bisa membuka banyak cabang, swalayan biasanya terletak di titik-titik keramaian, pengunjung yang datang adalah pembelanja praktis sehingga makanan siap saji biasanya jadi pilihan untuk makanan take a way.
Tips untuk bekerja sama dengan swalayan diantaranya: investigasi pengunjung yang datang, jam berapa paling banyak pengunjung, daya beli pengunjung, cek alat-alat yang disediakan swalayan untuk penyewaan.
3.      KANTIN SEKOLAH DAN KAMPUS

Alasan memilih kantin sekolah dan kampus: pelajar dan mahasiswa biasanya tidak memiliki waktu banyak untuk istirahat sehingga fast food sangat diperlukan, pelajar dan mahasiswa adalah target empuk untuk konsumen dengan menu yang baru.
Strategi untuk berjualan fast food ditempat ini adalah: sesuaikan counter dengan skala kantin sekolah dan kampus.
4.      ALUN-ALUN DAN PUSAT KERAMAIAN

Alasan memilih alun-alun dan pusat keramaian: tempat-tempat ini adalah tempat berkumpulnya warga untuk bercengkrama, olah raga, atau jalan-jalan. Keadaan ramai lokasi ini pada pagi hari, malam hari, dan hari-hari libur.
Kiat-kiat sebelum membuka usaha ditempat ini: sesuaikan tipe makanan karena pengunjung tempat ini memerlukan makanan yang bisa dibawa sambil jalan-jalan, amati pusat keramaian pengunjung mulai dari titik lokasi, waktu ramainya pengunjung, tipe pengunjung, daya beli pengunjung.
5.      PASAR TRADISIONAL

Alasan memilih pasar tradisional: pasar tradisional memiliki pengunjung yang luar biasa.
Strategi membuka usaha ditempat ini adalah: bikin counter dengan desain mencolok, pilih tempat yang strategis, amati pengunjung pasar, lihat tipe pengunjung.
6.      PASAR MODERN

Alasan memilih pasar modern: karakter pengunjung pasar modern itu ada yang datang karena kebutuhan dan ingin benar-benar membeli barang yang dibutuhkan, dan ada juga yang hanya sekedar jalan-jalan. Pengunjung untuk pasar ini prospeknya bagus sehingga tak jarang penjual fast food di tempat ini ada yang menyewa gerai berskala besar, namun bagi yang koceknya kecil bisa bekerjasama di tempat fresh food.
7.      FOOD COURT

Alasan memilih food court: tempat berkumpulnya pengunjung untuk membeli makanan, food court khusus dibangun untuk tempat berjualan makanan, keunggulan tempat ini adalah penjual tidak perlu repot untuk mencari calon pembeli karena ditempat ini khusus orang berdatangan untuk membeli makanan.
8.      TEPI JALAN RAYA YANG RAMAI

Alasan memilih tepi jalan raya yang ramai: pejalan kaki biasanya ada yang dalam kondisi kelelahan, ada juga juga yang berjalan santai, ada juga yang terburu-buru hendak pergi ketempat yang ingin dituju.
Tapi semua aktivitas itu, tidak menutup kemungkinan berpeluang banyaknya calon konsumen yang ingin membeli makanan siap saji.
Tips agar aman berjualan di tempat ini adalah: lapor pada petugas untuk mendirikan usaha di tepi jalan tersebut, buka lapak ditempat yang ramai orang berjualan lainnya, bikin stand dengan warna mencolok.
9.      PERUMAHAN

Alasan memilih perumahan: jika perumahan tersebut ramai, perumahan adalah tempat beristirahat dan posisi berdekatan sehingga anda bisa menyajikan layanan siap antar, target bagus untuk mencari konsumen.
Tips berjualan fast food di perumahan: iklankan usaha anda melalui brosur tulisan dengan promosi usaha dan alamat anda. Siapkan layanan siap antar.
10.  PERTOKOAN

Alasan memilih pertokoan: ditempat ini banyak orang yang bertujuan untuk berkunjung dan belanja kebutuhannya.
Tips berjualan ditempat ini: amati potensi pengunjung pertokoan, jam-jam ramai pengunjung, dan pilih lokasi yang berdekatan dengan toko yang banyak didatangi pengunjung.
11.  KAWASAN INDUSTRI

Alasan memilih kawasan Industri: ditempat ini banyak pegawai yang tidak sempat menyiapkan saran pagi, membutuhkan makan siang, sampai makan malam yang bisa dibawa pulang. Pegawai tidak banyak memiliki waktu luang banyak sehingga yang memerlukan fast food.
Jika anda memilih lokasi ini: survey titik aman untuk buka kios, bekerjasama dengan pihak pabrik untuk izin berjualan, beri warna elegan untuk kios anda.
12.  AREA RUMAH SAKIT

Alasan memilih area rumah sakit: disini area pengunjung yang complicated, kenapa bisa begitu? Alasannya adalah tipikal pengunjung tempat ini banyak yang dalam kondisi resah, penat, gelisah, khawatir, bosen, namun ada juga yang bahagia.
Tips berjualan ditempat ini: sesuaikan makanan yang akan dijual dengan tipikal pengunjung, jaga kebersihan makanan.
13.  PENGISIAN BAHAN BAKAR

Alasan memilih pengisian bahan bakar: sedang ngetren banget, pengunjung datang untuk mengisi bensin dan beristirahat, perlu stamina untuk fokus.
Tips membuka usaha ditempat ini: sediakan tempat yang lumayan luas dan nyaman, sajikan makanan sesuai keperluan pengunjung, berikan promo untuk tanda pengenal produk.

No comments:

Post a Comment